Ahlan Wa Sahlan di Blog Kelompok Kerja Penyuluh (POKJALUH) Kankemenag Kab. Pekalongan

Selasa, 05 April 2011

Dosa Ananiyah (Khutbah Jum'at)


DOSA  ANANIYAH
By: M. Agus Salim


اَلْحَمْدُ للهِ الَّذِيْ خَلَقَ الْإِنْسَانَ مِنْ مَاءٍ مَهِيْنٍ, وَأَعْلىَ إِلى مَقَامِ الْمُقَرَّبِيْنَ ,بِخُلُوْصِ عِبَادَتِهِ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ, أَشْهَدُأَنْ لَاإِلهَ إِلَّااللهُ شَهَادَةً الْمُرْسَلِيْنَ وَالْمُحَقِّقِيْنَ,  وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ شَهَادَةَ الْمُؤْمِنِيْنَ الْمُتَّقِيْنَ, أَللّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى ىَسيِّدِنَاوَمَوْلاَنَامُحَمَّدٍ وَعَلى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ. صَلاَةً وَسَلَامًا مُتَلَازِمَيْنِ دَائِمَيْنِ إِلىَ يَوْمِ الدِّيْنِ...
أَمَّابَعْدُ, فَيَاأَيُّهَاالنَّاسُ اتَّقُوااللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ فَقَدْ فَازَالْمُتَّقُوْنَ...
Hadirin Jumat rohimakumullah…..

Melalui kesempatan yang amat mulya ini, saya kembali menyerukan ajakan kepada diri sendiri, dan seluruh kaum muslimin, mari kita tingkatkan kwalitas ketakwaan kita kepada Allah Swt, dengan mengoptimalkan kesungguhan dalam menjalankan perintah Allah Swt, dan sekaligus meninggalkan segala larangan-Nya, baik yang bersifat lahiriyah maupun yang bersifat batiniyah, sehingga hingga kita mencapai tingkat derajat ATQOKUM…

Hadirin Jumat rohimakumullah….

Allah menciptakan kita dari tiada menjadi ada. Allah menciptakan kita dari setetes air mani yang hina menjadi makhluk yang terhormat. Allah menjadikan kita dari seorang bayi yang lemah tak berdaya menjadi manusia dewasa yang kuat perkasa. Allah menjadikan kita dari semula bodoh tak mengerti suatu apapun menjadi makhluk yang paling  pintar,
mengerti banyak pengetahuan, sehingga dapat mengusai teknologi yang luar biasa, yang dapat merajai jagat dunia. Dengan teknologi informasinya melalui satelit kita melihat peristiwa yang terjadi di belahan dunia dalam waktu yang hampir bersamaan dengan berlangsungnya peristiwa itu. Bahkan dengan teknologi nuklirnya diperkirakan manusia dapat menghancurkan dunia seisinya hanya cukup dengan waktu sekejab.

Hadirin Jumat rohimakumullah….

Allah menjadikan kita kuat bukan untuk saling bermusuhan, sebagaimana sering kita saksikan pada lingkungan kita, atau bahkan pada diri kita sendiri. Allah menjadikan kita kuat bukan untuk menindas yang lemah, seperti yang sering kita lihat, seorang suami menindas isterinya, seorang ayah menindas anaknya, seorang pemimpin menganiaya anak buahnya, seorang guru menganiaya muridnya. Allah menjadikan kita pintar bukan untuk menipu orang lain. Allah memberikan jabatan dan harta kepada kita bukan untuk menghalalkan segala perbutan kita, bertindak semaunya sendiri. Ibarat seorang majikan dapat memecat pegawai atau karyawannya semaunya sendiri. Atas dasar suka atau tidak suka dia bisa melakukan apa saja semaunya.

Hadirin Jumat rohimakumullah….

Ada satu sifat yang paling memmbahayakan, yaitu sifat ananiyah. Sifat yang bersumber dari kesombongan, sebagaimana iblis la’natullah ‘alaih telah melakukannya di depan Allah Swt. Ketika Allah Swt menyuruhnya untuk bersujud kepada Nabi Adam As, ia menolaknya. Karena sifat ananiyah Iblis yang merasa lebih baik daripada Nabi Adam As.


76. iblis berkata: "Aku lebih baik daripadanya, karena Engkau ciptakan aku dari api, sedangkan Dia Engkau ciptakan dari tanah".



Hadirin Jumat rohimakumullah….

Sifat ananiyah adalah penyakit hati yang  hampir setiap orang memilikinya dan sangat  berbahaya, mencelakakan dirinya dan orang orang lain. Dan melemparkan pemiliknya ke jurang api neraka. Sifat ananiyah adalah sifat akuisme, egoisme, sifat yang serba aku. Segala keberhasilan dan kesuksesan dinisbatkan dengan dirinya, tidak dinisbatkan semata-mata Allah Swt.
Orang yang memiliki sifat ananiyah akan merasa lebih pandai, lebih menguasai dan tahu segala persoalan, lebih cerdas, lebih kaya, lebih utama, lebih tua, lebih kuat, lebih senior.
Orang yang mempunyai sifat ananiyah akan merasa lebih alim, lebih rajin ibadah, lebih mengerti tentang agama, lebih taqwa, lebih dekat kepada Allah, lebih afdlol, lebih berhak menjadi pemimpin. Ia akan selalu memandang rendah orang lain. Oleh sebab itu pantaslah ada makalah sebagian ulama:

وُجُوْدُكَ ذَنْبٌ لَايُقَاسُ بِهِ ذَنْبٌ

“Keberadaanmu (ananiyah) adalah dosa yang tidak bisa diukur dengan dosa lainnya”

Hadirin Jumat rohimakumullah….

Kenapa ananiyah itu dosa ? Dan dosa ananiyah lebih besar dari dosa-dosa yang lainnya, sebab orang yang mempunyai sifat ananiyah pada dasarnya telah menafikan kehendak dan kuasa Allah Swt. Atau setidak-tidaknya telah menyekutukan Allah Swt dengan dirinya.

Naudzubillah mindzalik …!

أعوذبالله من الشيطان الرجيم, قال ياإِبْلِيْسُ مَامَنَعَكَ أَنْ تَسْجُدَ لِمَاخَلَقْتُ بِيَدَيَّ أَسْتَكْبَرْتَ أَمْ كُنْتَ مِنَ الْعَالِيْنَ, قَالَ أَنَاخَيْرٌمِنْهُ خَلَقْتَنِيْ مِنْ نَارٍ وَخَلَقْتَهُ مِنْ طِيْنٍ, قَالَ فَاخْرُجْ مِنْهَا فَإِنَّكَ رَجِيْمٌ,
باَرَكَ اللهُ لِىْ وَلَكُمْ فىِ الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ وَ نَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ الآيَاتِ وَالذِكْرِ الْحَكِيْمِ وَتَقَبَّلْ مِنِّيْ وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمِ


Tidak ada komentar: