Ahlan Wa Sahlan di Blog Kelompok Kerja Penyuluh (POKJALUH) Kankemenag Kab. Pekalongan

Rabu, 15 Februari 2012

SEKSI PENAMAS ADAKAN UJI KOMPETENSI PAI NON PNS


Dalam rangka ketertiban dan kepastian dalam pengangkatan Penyuluh Agama Islam (PAI) Non PNS Tahun 2012 di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan, Seksi Penamas Kemenag Kab. Pekalongan bekerjasama dengan POKJALUH (Kelompok  Kerja Penyuluh) Kab. Pekalongan mengadakan Uji Kompetensi  dan Evaluasi PAI Non PNS Tahun 2012 yang diselenggarakan selama 3 hari (tanggal 7 – 9 Februari 2012) dan diikuti oleh 360 peserta baik PAI Non PNS lama maupun baru.
Uji Kompetensi ini dibagi menjadi 5 cluster, cluster pertama pada hari senin diikuti oleh peserta dari 4 kecamatan (Wonokerto, Wiradesa, Tirto dan Siwalan) bertempat di KUA Wiradesa, dilanjutkan siang harinya cluster kedua diikuti oleh peserta dari 3 kecamatan (Kesesi, Bojong dan Sragi) di KUA Bojong, pada hari kedua uji seleksi ini juga diadakan di dua tempat, pada pagi harinya bertempat di KUA Karangdadap (cluster ketiga) diikuti oleh peserta dari 4 kecamatan (Karangdadap, Doro, Talun dan Petungkriyono)  dan siang harinya cluster keempat berlokasi di KUA Kedungwuni dengan peserta dari 3 kecamatan (Buaran, Wonopringgo dan Kedungwuni), Untuk hari terakhir pelaksanaan Uji Kompetensi ini hanya satu cluster saja, diadakan di KUA Kajen dengan peserta yang berasal dari 5 Kecamatan (Karanganyar, Kajen, Kandangserang, Paninggaran dan Lebakbarang).
Peserta dalam Uji Kompetensi ini harus menyelesaikan 4 tahapan seleksi, yaitu seleksi administrasi, uji tulis pengetahuan agama, Baca Tulis Al-Qur’an dan Interview. Kepala Seksi Penamas Drs. H. Muhammad Dzukron dalam sambutan pembukanya mengatakan bahwa uji seleksi PAI Non PNS tahun 2012 ini baru pertama kali diadakan, disamping untuk melaksanakan Keputusan Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah Tahun 2012 tentang Petunjuk Teknis Pengangkatan Penyuluh Agama Islam Non PNS juga sebagai upaya untuk memilih PAI Non PNS yang benar-benar melaksanakan tugas kepenyuluhan dan mempunyai tempat binaan, sehingga terpilih Penyuluh Agama yang memiliki kemampuan dalam melaksanakan bimbingan dan kepenyuluhan.
Lebih lanjut Kasi Penamas menambahkan kuota PAI Non PNS Kabupaten Pekalongan tahun 2012 sebanyak 247 orang, ini berarti ada penurunan kuota dibanding tahun sebelumnya 300 orang, maka sebagai upaya menghindari “asal delete” diadakan seleksi semacam ini. Sementara para peserta menyambut baik dan antusias dalam mengikuti Ujian Seleksi ini, mereka berharap dapat diangkat menjadi PAI Non PNS tahun ini. (Zamroni)

2 komentar:

kua banyumas mengatakan...

Ass. wr. wb. maaf salam kenal dari kami pecinta IT di KUA Banyumas-Jateng. Terima kasih. Wassalam

ZAMRONI, SHI mengatakan...

Trimakasih Pak.... Sama-sama Wassalam...