Ahlan Wa Sahlan di Blog Kelompok Kerja Penyuluh (POKJALUH) Kankemenag Kab. Pekalongan

Selasa, 15 November 2011

Ibadah Qurban Di Semonet




POKJALUH KANKEMENAG KAB. PEKALONGAN ADAKAN QURBAN DI SEMONET

Dalam rangka memperingati Idul Adlha 1432 H dan sebagai wujud kepedulian terhadap kaum Dluafa, Kelompok Kerja Penyuluh (POKJALUH) di lingkungan Kementerian Agama Kab. Pekalongan bekerjasama dengan Universitas Pekalongan (UNIKAL) mengadakan kegiatan Ibadah Sosial Kurban yang diselenggarakan di Dukuh Semonet Desa Semut Kec. Wonokerto Kab. Pekalongan, pada tanggal 7 Nopember 2011 bertepatan dengan 11 Dzulhijjah 1432 H.
Pemilihan lokasi penyelenggaraan kurban di Dukuh Semonet Desa Semut Kec. Wonokerto cukup beralasan, di samping karena daerah ini sudah terisolasi akibat terkena abrasi  sekitar 2 tahun silam, dan kini sudah menjadi kepulauan yang sudah terpisah dari Desa Semut, penduduk yang berjumlah lebih kurang 60 KK (200 jiwa) hidup di bawah garis kemiskinan, bahkan bisa dikatakan tidak pernah merasakan daging kurban.
Hadir dalam acara serah terima hewan kurban di Balai Desa Semut Kepala Garazawa mewakili Ka. Kankemenag Kab. Pekalongan, Bpk. Sujud, MH, Kepala Desa Semut, Bpk. Sunoto, dan Kasi Pemertintahan Kec. Wonokerto, Bpk. Drs. Sugiantono, para penyuluh agama fungsional Kab. Pekalongan serta mahasiswa UNIKAL dan tokoh masyarakat Desa Semut. Dalam sambutannya Bpk. Sujud, MH mengatakan, bahwa kegiatan kurban yang diadakan sekaligus sebagai sarana silaturrahim penguatan ukhuwah Islamiyah dan membangkitkan semangat untuk berkurban. Sementara Bpk. Sunoto selaku Kepala Desa Semut mengaku terharu dan berterimakasih kepada Pokjaluh dan UNIKAL atas terselenggaranya kegiatan kurban di desanya yang sangat minim ekonomi dan kepedulianya dalam ibadah kurban.
Kegiatan Ibadah Sosial Kurban tahun ini sudah  dilaksanakan kali kedua (tahun sebelumnya diadakan di Kutaraja Kajen), dan akan menjadi agenda tahunan Pokjaluh Kemenag Kab. Pekalongan. Bertindak sebagai Ketua Panitia Kurban tahun ini, M. Syamsul Azhar, S.HI, selaku Penyuluh Agama fungsional Kec. Wonokerto, dan mendapat bimbingan dari Kasi Penamas, Drs.H. Muhamad Dukron, M.SI, arahan langsung dari Ketua Pokjaluh, Teguh Purnomo, S.ThI, serta dukungan dari rekan-rekan penyuluh agama fungsional. Adapun hewan kurban yang disembelih adalah sebanyak 4 ekor kambing.  (M.S. Azhar)



    

Tidak ada komentar: