Ahlan Wa Sahlan di Blog Kelompok Kerja Penyuluh (POKJALUH) Kankemenag Kab. Pekalongan

Jumat, 04 November 2011

Proposal Ibadah Qurban Pokjaluh Kankemenag Kab. Pekalongan


PROPOSAL QURBAN 
POKJALUH (KELOMPOK KERJA PENYULUH)
KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN PEKALONGAN
TAHUN 1432 H/2011 M

LATAR BELAKANG
Dalam Firman Allah SWT dalam surat Al-Hajj (22) ayat 34: “Dan bagi tiap-tiap umat telah kami syari’atkan penyembelihan (Qurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah dirizkikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah). Allah SWT juga berfirman di dalam surat Al Kautsar
1. Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu ni’mat yang banyak
2. Maka dirikanlah sholat karena Tuhanmu dan ber-kurban-lah”.

PENDAHULUAN
Hari Iedul Adha adalah merupakan puncak dari ibadah haji. Hari ini dirayakan tidak hanya oleh umat muslim yang sedang menunaikan ibadah haji di tanah suci Makkah Al-Mukaromah, tetapi juga dirayakan dengan penuh suka cita oleh umat muslim di seluruh dunia. Hari raya ini disebut juga Hari Raya Qurban, dimana pada hari itu bagi setiap hamba-Nya yang mampu dianjurkan untuk menunaikan kewajibannya menyembelih hewan qurban.Dalam surat Al Hajj di Allah berfirman :
“Dan bagi tiap-tiap umat telah kami syari’atkan penyembelihan (Qurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzkikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah).” (QS. Al Hajj : 34)
”Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu ni’mat yang banyak, maka dirikanlah sholat karena Tuhanmu dan ber-kurban-lah.” (QS. Al Kautsar : 1-2)
Dari dua surat di atas, secara langsung Allah SWT memberikan perintah agama (syari’at) di dalam kitab-Nya yang suci, bahwa kepada kita yang mengaku sebagai ummat Islam  disunnahkan  untuk melaksanakan ibadah Penyembelihan Qurban. Kepada Hambanya  yang telah dilimpahi rezki supaya saling berbagi dengan sudara-saudaranya yang faqir dan miskin  (dhuafa).
Ibadah Qurban yang diperintahkan kepada ummat Nabi Muhammad SAW adalah ibadah yang mengacu kepada sejarah qurbannya Nabi Ibrahim A.S. Perintah mengorbankan anak yang dicintainya, Nabi Ismail A.S. yang kemudian Allah gantikan dengan seekor domba adalah salah satu bukti ketaatan Nabi Ibrahim A.S dalam menjalankan perintah Allah SWT. Oleh karena itu, pelaksanaan ibadah qurban harus diniatkan dalam rangka taat dan menjalankan perintah Allah, dan taat kepada Rosulullah SAW.
Ibadah Qurban juga memiliki keutamaan yaitu pengampunan dan keridhaan dari Allah SWT. Amalan yang paling dicintai Allah pada hari Raya Iedul Adha adalah hewan qurban. Rasulullah SAW bersabda :
“Tidak ada satu amalan yang paling dicintai Allah dari bani Adam ketika hari raya Iedul Adha selain menyembelih hewan qurban. Sesungguhnya hewan qurban itu kelak pada hari kiamat akan datang beserta tanduk-tanduknya, bulu-bulunya dan kuku-kukunya. Dan sesungguhnya sebelum darah qurban itu menyentuh tanah, ia (pahalanya) telah diterima di sisi Allah, maka beruntunglah kalian semua dengan (pahala) qurban itu.” (HR. Tirmidzi, Ibnu Majjah dan Hakim)
Untuk menambah pengetahuan masyarakat umum mengenai keberadaan Pokjaluh sekaligus silaturrahim dan penyuluhan langsung kepada masyarakat, maka kegiatan ibadah Qurban menjadi pilihan dakwah yang paling tepat dan mengena secara langsung. 

DASAR KEGIATAN
Dasar kegiatan ini adalah :
1.      Al-Qur’an & Hadits
2.      Program Kerja Pokjaluh
3.      Kegiatan rutin tahunan
BENTUK PELAKSANAN
Adapun bentuk pelaksanaannya adalah sebagai berikut:
1.      Mengumpulkan dana hewan qurban yang diserahkan oleh Masyarakat Muslim yang bersedia berqurban untuk daerah tertinggal,
2.      Mengidentifikasi daerah-daerah Tertinggal  (tingkat kemiskinan dan kemelaratan) yang tinggi yang ada di Kabupaten Pekalongan, 
3.      Menentukan lokasi penyerahan hewan qurban yang memenuhi kriteria dan jangkauannya sesuai dana yang terkumpul,
4.      Menyalurkannya langsung kepada masyarakat muslim yang membutuhkan melalui penyerahan dalam bentuk Hewan Qurban ke daerah tersebut

WAKTU DAN DAERAH PELAKSANAAN
Kegiatan ini akan dlaksanakan pada hari Senin, tanggal 7 November 2011 / 11 Dzulhijah 1432 H  dan akan dilaksanakan di Dusun Semonet Desa Semut Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan.

MANFAAT IBADAH QURBAN
1.Sebagai Syiar Islam
2.Meningkatkan gizi daerah Pedesaan
3.Media silaturrahmi dengan daerah tertinggal (pedesaan)
4.Menciptakan rasa solidaritas antar warga desa
5.Mengurangi kesenjangan sosial antara Aghnia dan Dhuafa

JENIS DAN HARGA HEWAN QURBAN
Paket Harga Kambing Qurban 2011  M/1432 H
Paket
Harga Kambing
Berat Hidup
A
Rp 1.000.000
+/- 23 Kg
B
Rp 1.250.000
+/- 25 Kg
C
Rp 1.500.000
+/- 28 Kg
D
Rp 1.750.000
+/- 30 Kg
E
Rp 2.000.000
+/- 35 Kg




PENYALURAN BANTUAN QURBAN
Bantuan Qurban dapat disalurkan langsung kepada Kelompok Kerja Penyuluh (Pokjaluh) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan Seksi Penamas Jl. Krakatau No. 07 Kajen Telp. (0285) 385420 atau kontak person Ibu Tinwarotul Fatinah HP. 085727074428  



PENGURUS HARIAN POKJALUH KANKEMENAG KAB. PEKALONGAN
PERIODE 2010-2012
Ketua              : Teguh Purnomo, S.Th.I
Ketua I            : Drs. Amat Sulaiman
Ketua II          : Abdul Hambyah
Sekretaris        : Zamroni, SHI
Sekretaris I      : Baroroh, S.Ag
Bendahara       : Tinwarotul fatinah
Bendahara I    : Ani Syarifah, S.Ag
PENUTUP
Dengan penuh tulus ikhlas semata-mata hanya mengharapkan ridho dari Allah SWT, kami mengetuk hati Bapak/Ibu sekalian, kaum muslimin dan muslimat untuk mengambil kesempatan emas ini, yaitu momen Hari Raya Idul Adha, Hari Raya Qurban ini untuk menyisihkan sebagian dari rezki dan nikmat yang telah Allah anugrahkan kepada Bapak/Ibu untuk senantiasa  kepada saudara-saudara kita yang kurang mampu dan sangat membutuhkannya. Dan momentum ini sebagai tanda bukti rasa syukur kita kepada Allah sebagaimana Allah telah berfirman  “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah nikmat kepadamu, dan jika kamu mengingkari nikmat-Ku, maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”. Surat Ibrahim (14) ayat 7. 
                                                                            Kajen 31 Oktober 2011
PENGURUS KELOMPOK KERJA PENYULUH
KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KAB. PEKALONGAN

                  Ketua                                                                  Sekretaris


                  M. TEGUH PURNOMO, S.Th.I                     ZAMRONI, SHI
                  NIP.198106172005011004                            NIP.198003162009011008

Tidak ada komentar: